wisata pulau pari pict001

Pulau Pari

Pulau Pari Merupakan salah satu pulau dari sekian banyaknya pulau yang berada digugusan Kepulauan Seribu Selatan, keindahan alam yang masih asri, hamparan pasir putih landai di pesisir pantai, desiran angin laut serta terumbu-terumbu karang dihuni berbagai macam biota laut dan ikan-ikan kecil adalah ekosistem terindah yang di miliki.

Entah berawal dari sebuah ide/gagasan siapa…, pada akhirnya warga pulau pari ingin mengenal potensi daerahnya yang dijadikan salah satu produk wisata pantai, Masyarakat Pulau Pari sekitar awal tahun 2010 bersama-sama mengembangkan secara bergotong royong dengan memperbaiki akses jalan serta spot pantai yang menuju kepantai Pasir perawan yang merupakan titik objek wisata pantai.

Lokasi

Pulau Pari merupakan satu kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, terletak dipesisir utara Provinsi DKI Jakarta.

Pulau ini memiliki luas 40,32 hektar dengan jumlah penduduk sekitar 800 jiwa.
terdapat 1 RW ( Rt. 01 – Rt 04 ) dengan masing-masing Rt terdapat 40-50 Kepala Keluarga.

Untuk mencapai pulau ini, kita dapat menggunakan kapal kayu dari pelabuhan muara angke dengan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam atau anda dapat menggunakan speed boat dari marina ancol dengan jarak tempuh selama 1 jam 15 menit

 

Tempat Wisata

Di pulau yang saya tempati ini terdapat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) letaknya disebelah bagian barat dari jl. utama pari raya, lumayan jauh sih.. jika ditempuh dengan jalan kaki, sepengetahuanku salah satu fungsi kerja LIPI diantaranya melakukan penelitian kehidupan laut/biota laut dari mulai tumbuhan laut, terumbu karang, air laut, itu semua demi kepentingan kelestarian alam pulau.

Objek wisata Pulau pari yang lain yaitu :

Panorama Alam pulau pari menawarkan keindahan alam yang masih asri, sebut saja :

  1. Pantai Pasir Perawan,

hamparan pasir putih di pesisir pantai dengan dikelilingi jernihnya air laut yang dapat anda nikmati, serta banyaknya jenis kehidupan biota-biota laut terumbu karang dapat membuat anda mengetahui kekayaan alam bawah laut. di pulau ini terdapat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) salah satu fungsi kerja LIPI diantaranya melakukan penelitian kehidupan laut/biota laut dari mulai tumbuhan laut, terumbu karang, air laut, itu semua demi kepentingan kelestarian alam pulau. dari itu Pulau Pari dapat dibilang sebagai Wisata Education yaitu berlibur wisata menyatu dengan alam sambil belajar tentang ekosistem laut.

  1. Pantai Kresek

Selain itu pengunjung juga akan diperkenalkan salah satu pantai yang berada di sebelah bagian barat, yaitu Pantai Kresek, pantai ini merupakan singgahan untuk para wisata yg ingin berteduh menikmati segarnya buah Kelapa muda sambil melepas lelah, merasakan desiran angin pantai serta dapat mengabadikan kenangan dengan pemandangan tepi pasir pantai.

  1. Jelajah Manggove

Dengan bermodal 35 ribu rupiah, anda bersama teman atau pasangan selama ± 45 menit dapat mengelilingi hamparan maggrove yg telah tumbuh sekian ratus tahun yg lalu, disini para pengunjung akan disediakan sebuah perahu sampan dengan kapasitas isi 2-3 orang dan akan ditemani oleh seorang penduduk pribumi yg berperan utk menggayuh perahu sampan berkeliling melewati aral yg berliku, sungguh hal yg sangat mengesankan. Jgn lupa !!! selalu bawa camera anda kalau tidak ingin ketinggalan moment-moment yg berbeda dari yg lain.

  1. Water sport

Kata siapa disini tidak ada permainan air, ahhh ketinggalan, itu dulu ther.., sebelum buming pulau pari, now ..! Bagi anda penggemar permainan air yang menantang, tersedia juga banana boat, donat boat dan yg tak kalah seru lagi yaitu bantingannya bro, pasti para peserta selalu jatuh diatas tunggangannya, anda tertantang,, silahkan mencoba !!!

  1. Diving

Dasar bawah Laut merupakan kehidupan alam air yang sangat menakjubkan. Tanaman laut, karang laut, serta biodata-biota laut yg belum pernah kita lihat sebelumya adalah anugerah terindah yang telah diciptakan oleh-Nya, dan kita wajib mejaga dan melestarikan keindahan alam laut tersebut.

Salam ceria,, Hai… bagi para diver sejati maupun bagi pemula yang ingin melihat pemandangan bawah laut lebih jelas disini, anda akan disuguhkan spot-spot yang menarik yg ada dipulau pari, ditemani oleh pendamping yang sdh teruji dan berpegalaman serat bersertifikat.

Pulau Pari merupakan pulau di kepulauan seribu yg memiliki ekosistem masih baik, salah satunya adalah gugusan terumbu karang yg mengelilingi gugusan pulau ini yang terdiri beberapa pulau-pulau kecil di dalamnya dan biota-biota laut yg dapat dijumpai, Kegiatan menyelam (diving) dapat dilakukan di pulau ini dengan peralatan scuba yg ada dan pendamping selam (dive guide) untuk aktivitas penyelam (diver).

Banyak cara dan jalan menuju serta singgah di Pulau Pari ini ” selamat mencoba”

Pulau Pari memiliki gugusan reef flat yang cukup luas terdiri dari ekosistem yang cukup lengkap mulai dari mangrove, molusca, sea gress, sea weed, fish, coral yang pada saat ini di jadikan icon wisata bagi pihak yang memiliki kepentingan, namun pengawasan dan pengendalian dari pelaku dan pemangku wisata memiliki peran penting dalam pelestarian dan keutuhan habitat yang memang sejak dulu ada sebagai upaya sadar wisata yang berkelanjutan, sebagai pewaris ke regenerasi berikutnya yang dapat dinikmati, diamati dan diketahui apakah untuk kepentingan wisata, study, riset dan berbagai kegiatan kelautan. Kegiatan fun snorkeling, fun diving, sertifikasi tentang keahlian kelautan; kursus selam dasar dan lanjutan sebagai pengembangan kompetensi SDM dan metode analisis tentang kelautan yang perlu diketahui dan dipelajari dapat dilaksanakan di Pulau Pari ini, UPT Loka Pengembangan Kompetensi SDM Oseanografi Pulau Pari-LIPI merupakan instansi negeri non departemen yang berdiri sejak tahun 1976 ini dapat dijadikan sumber informasi Ilmu Kelautan, dan pada saat ini instansi tersebut telah menyatakan mengenai penilaian terumbu karang di gugusan Pulau Pari masih dalam kondisi baik.

 

TUJUAN KAMI ( WISATAPARI.COM )

  • Memperkenalkan Wisata Pantai di Kepulauan Seribu kepada Wisatawan
  • Mengembangkan Potensi Daerah di wilayah Kepulauan Seribu
  • Memberi pengetahuan tentang ekosistem bawah laut kepada para wisatawan